Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan (JUSHPEN)
Vol. 1 No. 3 (2022): Desember : Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan

KREATIVITAS PEMBUATAN TEMPAT SAMPAH DAN TEMPAT BUKU DARI KARDUS BEKAS UNTUK PENGUATAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA DI KELAS 5A SDN 22 DUNGINGI

Puspita Lamalundu (Universitas Negeri Gorontalo)
Sutasi Manggopa (Universitas Negeri Gorontalo)
Srisusanty Srisusanty (Universitas Negeri Gorontalo)
Abdul Rahmat (Universitas Negeri Gorontalo)
Rusmin Husain (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2022

Abstract

Pendidikan sangat berperan dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kreativitas, sikap dan nilainilai dalam masyarakat. Setiap individu dituntut untuk mampu berkarya, menciptakan karya yang berguna baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain disekitarnya untuk mendorong hari depan yang lebih baik. Pendidikan karakter memiliki peran penting dalam pembentukan moral. Menurut Lickona (dalam Isnaini, 2016:36) karakter berkaitan dengan konsep moral, sikap moral, dan perilaku moral. Berdasarkan tiga komponen tersebut maka dapat disimpulkan bahwa karakter yang baik didukung oleh pengetahuan tentang kebaikan, keinginan untuk berbuat baik, serta melakukan perbuatan yang baik. Perkembangan kreativitas sangat erat kaitanya dengan perkembangan kognitif individu karena kreativitas merupakan perwujudan dari pekerjaan otak manusia. Oleh karena itu, guru perlu melakukan pembelajaran yang dapat meningkatkan hal tersebut. Penggunaan media barang bekas dapat dijadikan media pembelajaran bagi guru untuk siswa sebagai media pendorong/peningkatan kreativitas siswa di dalam pembelajaran yang efektif dan efisien. Penggunaan barang bekas dalam penelitian ini adalah sebagai media peningkatan kreativitas siswa kelas V A di SD Negeri 22 Dungingi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JUSHPEN

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia. Jurnal ini adalah jurnal studi ilmu-ilmu Sosial humaniora dan pendidikan yang bersifat peer-review ...