Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan modul matematika berbasis model pembelajaran osborn-parne pada pokok bahasan segitiga dan segiempat untuk siswa smp/mts kelas vii yang dapat meningkatkan berpikir kritis dengan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Metode penelitian adalah pengembangan yang berupa modul matematika berbasis model pembelajaran osborn-parne. Model pembelajaran osborn-parne yang meliputi 6 tahap, yaitu penemuan tujuan, penemuan fakta, pemecahan masalah, penemuan gagasan, penemuan solusi, dan penerimaan. Peneliti dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap, yaitu analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, dan siswa SMP Negeri 1 Kalasan dan MTs Muhammadiyah 1 Berbah. Mengetahui kelayakan modul berdasarkan saran dan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan respon siswa. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukan bahwa modul matematika yang dikembangkan dengan model pembelajaran osborn-parne berdasarkan angket penilaian oleh ahli materi dengan skor rata-rata 109; ahli media dengan skor rata-rata 106; dan angket respon siswa dengan skor rata-rata 100,1 termasuk dalam kategori sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2021