AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 8, No 3 (2021)

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018

Jaimah Jaimah (Universitas Ahmad Dahlan)
Nur Arina Hidayati (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Hasil belajar siswa yang rendah berhubungan dengan banyak faktor. Motivasi belajar, kemandirian belajar dan fasilitas belajar adalah tiga faktor yang diduga berhubungan dengan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas XI MA Muhammadiyah 1 Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2017/2018.Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa XI MA Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 terdiri dari 3 kelas. Kelas sampel yaitu kelas XI B dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar, angket kemandirian belajar, angket fasilitas belajar, dan tes hasil belajar. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji independen. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana dan analisis regresi ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika. Pada taraf signifikan 5%  dan ,  dengan koefisien korelasi ganda R = 0,879 dan koefesien determinan ganda 9 dengan persamaan regresi ganda tiga variabel yaitu . Besar  , , , dengan koefisien determinan gandanya 0,739 dan %,  .

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

AdMathEdust

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The aim of the Ahmad Dahlan Mathematics Education Students (AdmathEduSt), p-ISSN 2355-8199, e-ISSN 2775-5746, is to provide an academics forum for the sharing, dissemination, and discussion of result research, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, applied ...