Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia
Vol 23, No 2 (2022): Chemica

Aplikasi Pembelajaran Sel Volta dalam Pembuatan Taman Gantung Tempurung Bersinar Sebagai Inovasi Pembelajaran Kimia

Zulfah Magdalena (MAN 4 Balangan)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Aplikasi sel volta berbasis lingkungan dapat digunakan sebagai inovasi pembelajaran kimia untuk mengatasi keterbatasan guru, peserta didik dan sarana laboratorium kimia dengan membuat baterai tempurung bersinar dari tanah dasar kolam dan air. Baterai tempurung bersinar yang dihasilkan dapat digunakan sebagai lampu penerangan pada taman gantung di sekolah. Voltasi yang dihasilkan sebesar 2,46 volt. Inovasi pembelajaran pengaplikasian sel volta baterai tempurung bersinar ini telah mampu meningkatkan hasil belajar dan keterampilan peserta didik. Diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 87,0, sedangkan keterampilan praktik, proyek dan protofolio masing-masing sebesar 90,1, 90,7 dan 87,8.Kata kunci: Sel volta, baterai tempurung, inovasi pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

chemica

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Memuat informasi ilmiah bidang kimia dan pendidikan kimia berupa hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis, dan kajian ...