EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 10, No 2 (2022)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI TINGKAT PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTS DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGITIGA DAN SEGIEMPAT

Aisyah Amini (Unknown)
Yenita Roza (Universitas Riau)
Maimunah Maimunah (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari tingkat prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal segitiga dan segiempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deksriptif. Subjek penelitian ini adalah kelas VII MTs Miftahul Khairiyah sejumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, teknik wawancara dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dilakukan pemeriksaan terhadap jawaban yang selanjutnya akan dilakukan pendeskripsian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berdasarkan tingkat prestasi belajar siswa di sekolah dalam kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasil dari penelitian ini adalah siswa dengan tingkat prestasi belajar tinggi dikategorikan baik pada indikator keluwesan, kelancaran dan keaslian. Tingkat prestasi sedang dikategorikan baik pada indikator keluwesan dan kelancaran, sedangkan tingkat prestasi rendah masih kurang pada tiap indikator kemampuan berpikir kreatif matematis. Secara keseluruhan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII MTs Miftahul Khairiyah termasuk dalam kategori rendah dengan rata-rata Indikator keluwesan adalah 2,9 kelancaran 2,8, keaslian 1,25 dan elaborasi 0,95. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Menyelesaikan Soal, Prestasi Belajar, Segitiga, Segiempat Abstract: The purpose of this study was to describe mathematical creative thinking skills in terms of the level of student achievement in solving triangle and quadrilateral problems. This type of research is a qualitative research with a descriptive method. The subjects of this study were class VII MTs Miftahul Khairiyah with a total of 20 students. Data collection techniques using tests, interview techniques and documentation. The data that has been collected is then examined for answers which will then be described in terms of students' mathematical creative thinking abilities based on the level of student achievement in schools in the high, medium and low categories. The results of this study are students with high levels of learning achievement categorized both on the indicators of flexibility, fluency and authenticity. The average level of achievement is categorized both on the indicators of flexibility and fluency, while the low level of achievement is still lacking in each indicator of mathematical creative thinking ability. Overall, the mathematical creative thinking ability of the seventh grade students of MTs Miftahul Khairiyah is in the low category with an average flexibility indicator of 2.9, fluency 2.8, originality 1.25 and elaboration 0.95. Keywords: Mathematical Creative Thinking, Problems Solving, Learning Achievement, Triangles, Quadrilaterals

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edumat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

EDU-MAT adalah jurnal yang didirikan pada tahun 2013 di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. EDU-MAT merupakan kumpulan artikel hasil penelitian maupun kajian dosen, peneliti, guru, maupun mahasiswa di bidang pendidikan matematika ...