EXPLORE
Vol 11, No 1 (2021): JANUARI

Pengaruh Influencer dan Iklan di Instagram pada Pemasaran Pariwisata (Studi Kasus Explore Nusa Penida)

Anggita Perdami Ikayanti (University of Islam Indonesia)
Mukhammad Andri Setiawan (University of Islam Indonesia)
Ahmad Rafie Pratama (University of Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2021

Abstract

Saat ini media sosial membuat wisatawan meninggalkan cara-cara tradisional atau konvensional. Hal tersebut merupakan tantangan bagi para pelaku wisata agar tidak kehilangan pelanggan dan dapat menarik pelanggan baru. Pelaku wisata dapat memanfaatkan media sosial sebagai strategi pemasaran baru, yaitu dengan influencer ataupun iklan di media sosial. Pemasaran dengan influencer dan iklan di media sosial juga dilakukan oleh Explore Nusa Penida, salah satu penyedia jasa wisata ke Nusa Penida Bali yang memanfaatkan Instagram. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh influencer dan iklan di Instagram terhadap pemasaran Explore Nusa Penida, serta untuk mengetahui efektivitas keduanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan data yang diperoleh dari 150 orang konsumen Explore Nusa Penida, dan analisis dilakukan dengan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan di Instagram lebih berpengaruh dan lebih efektif terhadap pemasaran Explore Nusa Penida dibandingkan influencer.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

explore

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal EXPLORE ( e-ISSN: 2656-615X, P-ISSSN: 2087-894X) adalah sebuah jurnal peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang Teknologi Informasi dan Komputer. Jurnal ini menerbitkan karya-karya mutakhir dalam teori dasar, eksperimen dan simulasi, serta ...