Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2022): Mei 2022

Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh Tahun Ajaran 2020/2021

Zarina Zarina (Universitas Syiah Kuala)
R. M. Bambang S (Universitas Syiah Kuala)
Mailizar Mailizar (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Berpikir kreatif matematis adalah kemampuan yang esensial secara matematis dan wajib dimiliki oleh setiap siswa untuk mengembangkan dan menguasai matematika dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi barisan dan deret geometri siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Banda Aceh. Desain penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu 5 siswa yang dipilih secara acak di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Banda Aceh. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kreatif dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui soal tes kemampuan berpikir kreatif dan wawancara. Data penelitian dianalisis melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hanya satu siswa mempunyai kemampuan berpikir kreatif, yaitu memenuhi indikator flexibility, fluency dan elaboration. Selain itu dua siswa mempunyai kemampuan berpikir cukup kreatif yang mana satu siswa memenuhi indikator fluency dan flexibility, satu siswa lainnya memenuhi indikator fluency dan elaboration. Kemudian dua siswa mempunyai kemampuan berpikir kurang kreatif dengan satu siswa memenuhi fluency dan satu siswa belum memenuhi satupun indikator. Hasil ini menunjukkan bahwa dibutuhkan tindak lanjut dalam pembelajaran sehingga diharapkan mampu mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif matematis.                 Kata Kunci: Kemampuan berpikir kreatif, barisan dan deret geometri.

Copyrights © 2022