Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2022): Mei 2022

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas VIII SMPN 1 Woyla Barat

Putri Herliza (Universitas Syiah Kuala)
Ellianti Ellianti (Universitas Syiah Kuala)
Yuhasriati Yuhasriati (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang kurang tepat menjadi salah satu penyebab kemampuan berpikir kritis pada siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah dilakukan model pembelajaran discovery learning pada materi teorema Phytagoras di kelas VIII SMPN 1 Woyla Barat. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Woyla Barat, sampel yang terpilih secara acak adalah siswa kelas VIII A dengan jumlah 18 orang siswa. Jenis penelitian pre eksperimental design dengan desain penelitian one group pre-test-post-test design. Terdapat dua jenis soal yaitu pre-test dan post-test yang digunakan untuk pengumpulan data. Kedua jenis soal tersebut dirancang dengan konsep yang sama namun bunyi soalnya berbeda. Data diambil dari nilai selisih pre-test dan post-test. Analisis data dilakukan dengan rumus uji statistik t-tes berpasangan sampel dependen pada taraf signifikan 5%. Diperoleh hasil analisis data rata-rata 45,83, standar deviasi 6,69. Kemudian diperoleh thitung= 29,01, dengan taraf signifikan 5% dan dk 17 diperoleh . Hasil ini menunjukkan , kesimpulannya adalah penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan  kemampuan berpikir kritis siswa pada materi teorema Phytagoras di kelas  VIII SMPN 1 Wolya Barat. Kata Kunci: discovery learning, kemampuan berpikir kritis, teorema Phytagoras. 

Copyrights © 2022