Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2022): Mei 2022

Kemampuan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Higher Order Thinking Skill pada Materi Geometri Bidang di Program Studi S1 Pendidikan Matematika

Intan Nazirah (Universitas Syiah Kuala)
Erni Maidiyah (Universitas Syiah Kuala)
Tuti Zubaidah (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Dunia pendidikan menuntut peserta didik agar memiliki kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Mahasiswa sebagai calon guru diharapkan memiliki kemampuan HOTS agar nantinya mampu membantu dan meningkatkan kemampuan HOTS yang dimiliki peserta didik. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui kemampuan dan level kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah Higher Order Thinking Skill pada mata kuliah Geometri Bidang di Program Studi S1 Pendidikan Matematika. Penelitian in yakni penelitian mixed method dengan menggunakan desain sequential explanatory. Subjek pada penelitian ini yaitu 26 mahasiswa S1 Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala angkatan 2020. Instrumen penelitian terdiri dari 4 soal tes yang mewakili setiap level HOTS dan pedoman wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini ialah mencari rata-rata, menghitung persentase dan menentukan kategori kemampuan HOTS dari hasil tes, serta mereduksi data, menyajikan data dan mengambil kesimpulan dari hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah Higher Order Thinking Skill pada mata kuliah Geometri Bidang di Program Studi S1 Pendidikan Matematika secara keseluruhan berada pada kategori baik. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 71,7. Sedangkan level kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah Higher Order Thinking Skill pada mata kuliah Geometri Bidang di Program Studi S1 Pendidikan Matematika secara keseluruhan berada pada level sedang atau level C5 (evaluasi). Kata Kunci:    Higher Order Thinking Skill, Geometri Bidang.

Copyrights © 2022