Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual
Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual Vol 1 No 2

Kritik Seni Iklan Sosial Anti Rokok

Raden Wisnu Wijaya Dewojati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Sebuah iklan sebagai media persuasi bagi khalayak bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat melalui berbagai media yang menyertainya. Beberapa metode yang digunakan untuk menganalisis karya selain metode berfikir desain juga menggunakan pendekatan semiotika sebagai sebuah metode analisis tanda guna mengupas karya desain komunikasi visual. Pendekatan dalam menganalisis dan merancang pesan iklan membutuhkan berbagai bidang ilmu dalam penyampaiannya. Komunikasi menjadi bidang ilmu yang utama dalam menyampaikan sebuah pesan iklan, namun strategi bahasa iklan berbeda dengan komunikasi pada umumnya orang berbicara,yaitu perlu pemilihan kata yang tepat, frase yang efektif, singkat, padat, jelas dan mampu mempengaruhi persuasi khalayak. Bahasa iklan tidak cukup hanya menggunakan kaidah-kaidah komunikasi yang efektif, melainkan juga mempertimbangkan bahasa visual atau bahasa rupa melalui penggunaan simbol, tanda, dan ikon. Kata kunci: Iklan, berfikir desain, semiotika

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journals

Publisher

Subject

Arts Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual (Journal of Informatics Engineering and Visual Communication Design), particularly focuses on the main problems in the Computer and Design: Internet and E-Commerce; Computer Vision; Information System; Networking Big Data; Artificial ...