NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 4 (2021): November : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM MELALUI AKTIVITAS DIGITAL MARKETING DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN FACEBOOK

Dwitya Agustina (Unknown)
Erza Sofian (Unknown)
Miftahul Jannah (Unknown)
Chance Ginaya Bancar (Unknown)
Farrez Al Hakim (Unknown)
Hani Ismalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2021

Abstract

Program pengabdian masyarakat yang dilakukan tahun ini berfokus mengenai dampak ekonomi dari Pandemi Covid-19 terkait regulasi pemerintah berupa pembatasan aktivitas membuat banyak performa di berbagai sektor bisnis menurun, terutama bagi perusahaan besar atau korporasi. banyak pelaku UMKM yang kesulitan untuk memaksimalkan pemanfaatan digitalisasi ini baik bagi “pemain” lama maupun yang baru terjun ke dunia wirausaha sejak pandemi Covid-19 ini. Proses pengabdian masyarakat meliputi kegiatan tahap FGD, tahap survey, tahap sosialisasi, tahap pelatihan, tahap pendampingan, dan tahap evaluasi. Terlebih di masa pandemi Covid-19 sekarang ini dimana dengan diberlakukannya pembatasan aktivitas fisik diluar rumah dan mengakibatkan banyak dari pendapatan yang dilakukan oleh bisnis secara konvensional menurun dan mendorong mereka untuk beralih tempat berjualan ke ranah dunia maya dikarenakan meningkatnya aktivitas pengguna media sosial. UMKM yang berada di Jakarta yang dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2021 hingga sampai saat ini. Kata Kunci:

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, adalah jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian sebagai hasil pengabdian masyarakat. Focus dan Scope pada bidang pendidikan, Hukum, Ekonomi, Humaniora, Teknik, Pertanian, Komunikasi, Kesehatan, dan Rekayasa. Jurnal NUSANTARA terbit 1 tahun 4 ...