Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 1 (2022): Desember 2022

Pemberdayaan Literasi Digital bagi Pelaku UMKM Kelurahan Bahagia, Babelan, Bekasi

Fathiaty Murtadho (Universitas Negeri Jakarta)
Reni Eriyani (Universitas Negeri Jakarta)
Miftahulkhairah Anwar (Universitas Negeri Jakarta)
Muhammad Saddam Haikal (Universitas Negeri Jakarta)
Nurieyya Fieka Azmuna (Universitas Negeri Jakarta)
Deafitri Puspa Ayu (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Kelemahan UMKM, salah satunya yaitu mengenai pemasaran (iklan). Era sekarang, iklan dilakukan dengan berbasis teknologi/digital. Oleh karena itu, pegiat UMKM harus memahami budaya iklan dalam literasi digital. Konten iklan dalam dunia literasi digital sangat variatif dan cepat perubahannya. Dengan memahami dan menguasai konten iklan yang baik dan menarik diharapkan UMKM dapat mengembangkan jejaring dan pada akhirnya dapat berdampak pada peningkatan penjualan. Untuk menambah pemahaman dan penguasaan pegiat UMKM terhadap konten iklan berbasis digital diperlukan adanya berbagai pelatihan khusus. Pelatihan ini dibuat dalam kerangka pengabdian kepada masyarakat yang dimulai dari paparan mengenai konten iklan sampai dengan mencoba mengimplementasikannya pada produk UMKM. Hasil dari pelatihan, pemahaman, sikap, dan keterampilan pelaku UMKM dalam berliterasi digital untuk menunjang kegiatan usaha yang dijalankan meningkat. Hal ini terlihat dari hasil kuesioner yang diisi oleh para peserta yang berisikan kepuasan, kebermanfaatan, dan keberlanjutan rata-rata diisi pada kolom sangat puas (70-75%) dan puas (25-30%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

arc

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Public Health

Description

Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal berbasis penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada bidang keilmuan yaitu Pendidikan, Sosial, Teknik, Sains dan ...