Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2022)

Identifikasi Etnosains Yang Memiliki Potensi Untuk Diintegrasikan Dalam Pembelajaran IPA: Indonesia

Dewa Ayu Dwik Dela Puspita (Universitas Mataram)
Husrin Fauziah (Universitas Mataram)
Khaerunisah (Universitas Mataram)
Hikmawati (Universitas Mataram)
Hartati Kartika Br Sihotang (Universitas Negeri Medan)
Joni Rokhmat (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi etnosains dari berbagai daerah yaitu Lombok, Bali dan Medan yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran IPA di SMP. Metode yang digunakan untuk memperoleh data tentang etnosains dari daerah-daerah tersebut adalah melalui kaji literatur dan wawancara langsung dengan tokoh adat dan masyarakat di tiap daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa etnosains yang teridentifikasi dapat diintegrasikan dalam pembelajaran IPA, yakni: 1) Bali, terdapat budaya penggarakan patung berupa makhluk raksasa menyeramkan (Ogoh-Ogoh) yang dapat dikaitkan dengan konsep usaha dan energi; 2) Lombok, terdapat tradisi Bau Nyale (menangkap cacing), dalam hal ini nyale merupakan cacing laut yang termasuk cacing bersekat (Annelida), sehingga tradisi ini dapat dikaitkan dengan konsep klasifikasi makhluk hidup, dan konsep nutrisi karena nyale banyak mengandung protein; 3) Medan, terdapat tradisi Erlau-lau atau siram-siraman untuk mendatangkan hujan, dapat dikaitkan dengan konsep penguapan, proses terjadinya hujan, hingga siklus air. Keywords: Ethnoscience; local culture; science learning

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppfi

Publisher

Subject

Physics Other

Description

Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia (JPPFI): |p-ISSN: 2746-9972, e-ISSN: 2777-1288| diterbitkan dua kali dalam setahun (Periode Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Desember 2019 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima dalam Bahasa ...