Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2022)

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kausalitik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik: Indonesia

Muhammad Zuhdi Ronodirdjo (Universitas Mataram)
Joni Rokhmat (Universitas Mataram)
Ahmad Busyairi (Universitas Mataram)
Yudia Nikmatul Warodiah (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, serta keefektifan perangkat pembelajaran model kausalitik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif momentum dan impuls peserta didik. Jenis penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan desain menggunakan model 4D. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam mengacu pada langkah-langkah pengembangan model 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Perangkat pembelajaran model kausalitik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif momentum dan impuls peserta didik yang dikembangkan terdiri dari silabus, RPP, LKPD, tugas pendahuluan, dan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif (KBK). Pengumpulan data dilakukan melalui validasi perangkat pembelajaran oleh validator, angket respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta uji coba terbatas. Hasil validasi perangkat pembelajaran mencapai rata-rata nilai validitas 87,52% dengan kriteria sangat valid. Respon peserta didik memperoleh nilai > 80% dengan kriteria baik, dan rerata keterlaksanaan pembelajaran untuk tiga kali pertemuan yaitu 3,6 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model kausalitik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif momentum dan impuls peserta didik layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Keywords: Model Kausalitik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppfi

Publisher

Subject

Physics Other

Description

Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia (JPPFI): |p-ISSN: 2746-9972, e-ISSN: 2777-1288| diterbitkan dua kali dalam setahun (Periode Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Desember 2019 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima dalam Bahasa ...