TujuanpenelitianiniadalahuntukuntukmengetahuiPengelolaanperpustakaansekolahdiSMKNegeri2Makassar.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif denganjenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu, Kepala sekolah,kepala perpustakaan, guru. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasidan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data,penyajiandatadanpenarikankesimpulan.Hasil penelitianPerencanaan srukturorganiasasiperpustakaan diSMKNegeri2Makassar,selalumelibatkanpihaksekolahdanguru-gurudalamperencanaanstrukturorganisasi,sumberdayamanusia(tenagaperpustakaan),anggaranyangmengacukepadadanaBOS,kegiatanteknisataukegiatanpemberdayaan yang dilakukan pihak sekolah dalam hal peningkatan minat baca dikalanganpesertadidikmaupuntenagapendidikyangbekerjasamadengan perpustakaan daerah, terakhir koleksi buku. Pelaksanaan yang dilakukan dalam hal pengelolaan di perpustakaan mulaidariprogramkerjaperpustakaandanstrukturorganisasi perpustakaan, pelaksanaaanprogram kerja perpustakaan sekolah dalam meningkatkan kunjungan ke perpustakaanselalu mengupayakan untuk menambah koleksi bukumatapelajaran baik adaptifmaupun produktif begitu pulabuku bacaaan lainnya.Evaluasiperpustakaaan yakni pihak sekolah melakukan evaluasi mulai dari struktur organisasi, sumber dayamanusia, koleksi buku sampai dengan buku kunjungan untuk tenaga pendidik maupununtukpesertadidiknyauntuk melihat intensitas kunjungan di perpustakaan.
Copyrights © 2022