Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 3 (2022): Agustus

VALIDASI MEDIA POP-UP BOOK MATERI MENGENAL ANATOMI TUBUH MANUSIA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SMP

Endah Resnandari Puji Astuti (Universitas Pendidikan Mandalika)
Muh Husein Baysha (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Media dalam proses pembelajaran merupakan salah satu unsur penting dalam manjaga mutu pendidikan. Penggunaan dan pemanfaatan media dalam pembelajaran sering kali belum dilakukan oleh guru karena beberapa alasan dan problematika yang dihadapi di lapangan. Oleh sebab itu, para pengembang media pendidikan salah satunya mahasiswa dari Program Studi Teknologi Pendidikan Univeristas Pendidikan Mandalika melakukan pengembangan media pembelajaran pop-up book untuk mata pelajaran IPA kelas VII materi mengenal anatomi tubuh manusia. Sebelum media tersebut diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas, perlu adanya validasi terhadap media pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat validasi dari ahli media dan ahli materi terhadap media pop-up book yang dikembangkan oleh mahasiswa Teknologi Pendidikan. Validitas merupakan derajat ketepatan antara data yang terjadi pada objek penelitian dengan data yang dilaporkan oleh peneliti. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan penelitian kuantitatif, dimana data-data yang diperoleh berupa angka-angka yang didapat dari hasil validitas media pembelajaran. Untuk memperoleh data dalam menghitung validitas media pop-up book diperlukan beberapa validator yang merupakan pakar ahli media dan ahli materi pembelajaran. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket validasi media dan validasi materi. Hasil penelitian ini mengenai validasi media pop-up book materi mengenal anatomi tubuh manusia pada mata pelajaran IPA kelas VII SMP menunjukkan bahwa media pop-up book yang dikembangkan oleh mahasiswa Teknologi Pendidikan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dapat ditinjau dari rata-rata validasi dari ahli media yaitu sebesar 82.06% dengan kriteria sangat layak. Begitu pula penilaian dari ahli materi dengan rata-rata prosentase sebesar 82.24% dengan kriteria sangat layak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...