Permasalahan penelitian ini yaitu rendahnya hasil dan aktivitas belajar siswa, diantaranya adalah metode yang digunakan oleh guru masih bersifat monoton dimana guru menjelaskan sementara siswa mencatat, kurangnya interaksi timbal balik antara siswa dengan guru maupun antara siswa dengan siswa dalam proses pembelajaran yang menyebabkan proses pembelajaran menjadi pasif. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peningkatan hasil yang menjadi tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, peneliti menerapkan model pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas 5 SD Hadi Sakti setiap siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refeksi, Kemudian data yang diperoleh tersebut dianalisis. Hasil penelitian tindakan kelas ini menggunakan model pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas 5 SD Hadi Sakti pada materi pengukuran tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini sesuai dengan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase sebesar 75% dikategorikan dengan cukup baik sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 83% dikategorikan dengan baik.
Copyrights © 2022