Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 3 (2022): Agustus

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KONSEP PENGUKURAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS 5 SD HADI SAKTI

Baiq Sarlita Kartiani (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Permasalahan penelitian ini yaitu rendahnya hasil dan aktivitas belajar siswa, diantaranya adalah metode yang digunakan oleh guru masih bersifat monoton dimana guru menjelaskan sementara siswa mencatat, kurangnya interaksi timbal balik antara siswa dengan guru maupun antara siswa dengan siswa dalam proses pembelajaran yang menyebabkan proses pembelajaran menjadi pasif. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peningkatan hasil yang menjadi tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, peneliti menerapkan model pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas 5 SD Hadi Sakti setiap siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refeksi, Kemudian data yang diperoleh tersebut dianalisis. Hasil penelitian tindakan kelas ini menggunakan model pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas 5 SD Hadi Sakti pada materi pengukuran tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini sesuai dengan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase sebesar 75% dikategorikan dengan cukup baik sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 83% dikategorikan dengan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...