Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Teaching Game For Understanding (TGFU) dengan menggunakan bola modifikasi terhadap hasil belajar permainan bola voli. Peserta penelitian ini adalah siswa IPS SMA Negeri 3 Kota Sukabumi, sebanyak 90 siswa yang di bagi menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama siswa yang diberi perlakuan TGFU dengan bola modifikasi, kedua TGFU dengan bola normal, dan kelompok ketiga tanpa perlakuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Matching-Only preetest-posttest control group design dan pengajaran dengan bola modifikasi. Instrument pada penelitian iniĀ adalah GPAI. Hasil penelitian ini (1) terdapat perkembangan hasil permainan bola voli dengan model pembelajaran TGFU dengan menggunakan bola modifikasi (4) tidak terdapat perkembangan hasil permainan bola voli dengan model pembelajaran TGFU dengan menggunakan bola normal. Kesimpulannya, pemberian Program pembelajaran TGFU denga menggunakan bola modifikasi meningkatkan hasil belajar permainan bola voli.
Copyrights © 2021