Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Vol 7, No 3 (2020)

PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MODEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMK

rohana spd (sps upi)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis siswa SMK yang diakibatkan oleh terbatasnya kesempatan siswa untuk menghadirkan representasinya sendiri. Hal ini tidak terlepas dari pembelajaran yang diikuti siswa yang umumnya masih konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji, mendeskripsikan, dan menganalisis peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMK melalui pembelajaran Inquiry Training Model. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N Rajapolah tahun pelajaran 2017/2018, sedangkan sampel penelitian terdiri dari siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif-1 sebagai kelas eksperimen, dan dari siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif-2 sebagai kelas kontrol. Unit penelitian pada tiap kelas penelitian dikelompokkan berdasarkan kemampuan awal matematis (KAM) siswa, meliputi: KAM kategori tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran Inquiry Training Model lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Di samping itu, terdapat perbedaan peningkatan representasi matematis yang signifikan antara siswa yang memiliki KAM tinggi, KAM sedang, dan KAM rendah. Selain itu, tidak terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara faktor KAM dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMK.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edusentris

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance ...