Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Vol 8, No 3 (2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SMP

Sylvia Dalistyana Herman (University of Education Indonesia)
Al Jupri (University of Education Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar matematika siswa. Kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP masih rendah dan perlu dilatih. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa diperlukan pembelajaran yang dapat mengembangkan kreativitas siswa. Model pembelajaran Treffinger diharapkan mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang diberikan model pembelajaran Treffinger secara keseluruhan dan berdasarkan Kemampuan Awal Matematik (KAM). Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII pada salah satu SMP di Kota Tasikmalaya. Sampel ditentukan berdasarkan pada teknik purposive sampling dan materi yang dipilih adalah bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Secara keseluruhan, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik secara signifikan antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Treffinger dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional secara keseluruhan; 2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik secara signifikan antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Treffinger dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional ditinjau dari KAM tinggi dan sedang. Namun tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa pada KAM rendah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edusentris

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance ...