Kurikulum adalah unsur yang sangat penting pada setiap model dan bentuk pendidikan. Kurikulum secara formal sudah diterapkan di sekolah sejak zaman Belanda. Artinya pada saat itu kurikulum juga sudah ada. Pelaksanaan pendidikan pada zaman Belanda punya ciri khas kurikulum tersendiri yang tentu diwarnai dengan misi penjajahan pemerintah Belanda. Demikian juga halnya pada zaman Jepang. Maka bisa disimpulkan bahwa tujuan pendidikan pada zaman tersebut ialah untuk menciptakan sumber daya manusia yang dapat membantu misi penjajahan di Indonesia. Pemerintah Belanda misalnya memanfaatkan penduduk pribumi untuk mengumpulkan dan mengeruk kekayaan alam sebanyak mungkin, sedangkan pemerintah Jepang bertujuan untuk membantu mereka memenuhi misinya dalam peperangan di Asia Timur Raya. Pendidikan di Indonesia terus berkembang setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, dalam hal ini termasuk perhatian dalam hal kurikulum. Sehubungan dengan hal ini, kurikulum di Indonesia dibagi menjadi dua periode: periode sebelum kemerdekaan dan periode setelah kemerdekaan. Secara kronologis sejak tahun 1945, keberadaan kurikulum telah mengalami banyak perubahan yaitu dimulai pada tahun 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006 dan 2013. Keberadaan Pendidikan Islam tetap menjadi bagian penting dari sistem pendidikan nasional yang ada di Indonesia. Pendidikan Islam pada zaman ini dituntut mampu meningkatkan pemahaman siswa atau anak didik dalam ilmu agama sekaligus mengamalkan ajaran Islam
Copyrights © 2022