Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi
Vol. 4 No. 5 (2022): JIMMBA

Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Santan Kelapa Sun Kara di Kabupaten Kebumen

Ranti Agustiani (Universitas Putra Bangsa)
Joko Fitra (Universitas Putra Bangsa)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merek, dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian Santan Kelapa Sun Kara di Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Sampel pada penelitian sebanyak 100 responden yang pernah membeli dan menggunakan Santan Kelapa Sun Kara di Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis linear berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS 25 for windows. Metode penelitian Non Probability Sampling dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menyatakan bahwa semua variabel dinyatakan valid dan reliabel, tidak terdapat multikolinieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan model memenuhi asumsi normalitas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa Variabel Kualitas Produk (X1), Citra Merek (X2), dan Saluran Distribusi (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Santan Kelapa Sun Kara di Kabupaten Kebumen. Variabel Kualitas Produk (X1), Citra Merek (X2), dan Saluran Distribusi (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Santan Kelapa Sun Kara di Kabupaten Kebumen. Nilai Adjusted R² persamaan sebesar 0,388. Artinya bahwa variabel keputusan pembelian (variabel dependent) dijelaskan oleh variabel keputusan pembelian, citra merek, dan saluran distribusi (independent) dalam penelitian ini sebesar 38,8%, sedangkan 61,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jimmba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JIMMBA (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi) published by LP3M Universitas Putra Bangsa Kebumen. The aim of JIMMBA discussion is to disseminate information on scientific work from and for academics that discuss interest in management and accounting. In addition, it is also easier ...