cover
Contact Name
Arya Samudra Mahardhika
Contact Email
arya@universitasputrabangsa.ac.id
Phone
+6285879581454
Journal Mail Official
lppm@universitasputrabangsa.ac.id
Editorial Address
Universitas Putra Bangsa Jl. Ronggowarsito No. 18, Pejagoan Kebumen
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi
ISSN : -     EISSN : 27212777     DOI : https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i3
Core Subject : Economy,
JIMMBA (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi) published by LP3M Universitas Putra Bangsa Kebumen. The aim of JIMMBA discussion is to disseminate information on scientific work from and for academics that discuss interest in management and accounting. In addition, it is also easier for lecturers to publish their writings, both those that are the result of field research and writings that cause empiricism.
Articles 250 Documents
Pengaruh Net Profit Margin, Debt to Equity Ratio dan Price Book Value Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Minyak dan Gas Yang Terdaftar pada BEI Periode 2017 – 2020 Dzulfiqor Azhar
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA) Vol. 4 No. 1 (2022): JIMMBA
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (815.522 KB) | DOI: 10.32639/jimmba.v4i1.28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui pengaruh net profit margin, debt to equity ratio, dan  price to book value terhadap harga saham pada perusahaan minyak dan gas yang terdaftar pada BEI periode 2017 – 2020. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 8 perusahaan sektor minyak dan gas pada periode 2017 – 2020. Pengambilan sample menggunaka teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial net profit margin berpengaruh signifikan negatif terhadap harga saham. Debt to equit ratio, dan price to book value secara parsial tidak ada pengaruh signifikan terhadap harga saham. Net profit margin, debt to equity ratio, dan price to book value secara simultan berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan minyak dan gas yang terdaftar pada BEI periode 2017 – 2020.
Pengaruh Person-Job Fit dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Melalui Komitmen Organisasi sebagai Mediasi : Studi pada Guru Tidak Tetap /GTT SMK Negeri 1 Alian Fita Nursafitri; Irfan Helmy
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA) Vol. 4 No. 1 (2022): JIMMBA
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (927.077 KB) | DOI: 10.32639/jimmba.v4i1.29

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh person-job fit dan motivasi berprestasi terhadap kinerja dengan mediasi komitmen organisasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling  yakni sampling jenuh yaitu mengambil sampel secara keseluruhan atau semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.Responden pada penelitian ini adalah  guru tidak tetap pada SMK Negeri 1 Alian berjumlah 38 orang. Penelitian ini meggunakan metode analisis deskriptif dan statistik dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji mutikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, uji korelasi, koefisien determinasi, uji t, analisis jalur, dan perhitungan pengaruh. Pengujian dalam uji t menunjukkan bahwa person-job fit berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi. Motivasi berprestasi berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi. Person-job fit tidak berpengaruh terhadap kinerja. Motivasi berprestasi berpengaruh terhadap kinerja guru tidak tetap SMK Negeri 1 Alian. Komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja guru tidak tetap SMK Negeri 1 Alian. Person-job fit terhadap kinerja melalui komitmen organisasi tidak dapat memediasi antara person-job fit dengan kinerja. Motivasi berprestasi berpengaruh terhadap kinerja melalui komitmen organisasi komitmen organisasi mampu memediasi antara motivasi berprestasi dengan kinerja.
Pengaruh Kelompok Acuan, Gaya Hidup, dan Motivasi terhadap Keputusan Pembelian Polygon di Kebumen: Studi pada Pengguna Polygon di Kebumen Diana Harum Sakti; Marynta Putri Pratama
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA) Vol. 4 No. 1 (2022): JIMMBA
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1021.494 KB) | DOI: 10.32639/jimmba.v4i1.30

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok acuan, gaya hidup, dan motivasi terhadap keputusan pembelian Polygon di Kebumen. Populasi pada penelitian ini yaitu pengguna Polygon di Kebumen. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu kelompok acuan, gaya hidup, dan motivasi, sedangkan variabel terikatnya yaitu keputusan pembelian. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner menggunakan purposive sampling, sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu 109 orang responden. Hipotesis diuji dengan bantuan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok acuan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Gaya hidup berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Motivasi tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan kelompok acuan, gaya hidup, dan motivasi, secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Polygon di Kebumen. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,419 artinya sebesar 41,9% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kelompok acuan, gaya hidup, dan motivasi, sedangkan 58,1% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam model penelitian ini.
Pengaruh Loyalitas Kerja, Lingkungan Kerja, dan Komunikasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior: Studi pada Tenaga Non-Medis Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sruweng Kabupaten Kebumen Nikmah Putri Ayu; Much. Riyadus Solichin
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA) Vol. 4 No. 1 (2022): JIMMBA
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (692.15 KB) | DOI: 10.32639/jimmba.v4i1.51

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengaruh pengaruh loyalitas kerja, lingkungan kerja, dan komunikasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB) pada tenaga non-medis Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Sruweng Kabupaten Kebumen. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan metode sampel jenuh, yaitu teknik pemilihan anggota sampel dengan mengambil keseluruhan dari populasi. Responden dalam penelitian ini adalah tenaga non-medis Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sruweng. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan statistik yang dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji regresi linear berganda. Pengujian dalam uji t menunjukkan bahwa loyalitas kerja berpengaruh signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB) pada tenaga non-medis Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sruweng Kabupaten Kebumen; lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB); komunikasi berpengaruh sighnifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB); dan loyalitas kerja, lingkungan kerja, dan komunikasi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior (OCB).
Pengukuran Kinerja dengan Menggunakan Pendekatan Time Value of Money: Studi Kasus Badan Pusat Statistika Kabupaten Simalungun Tasya Yustika Putri; Annio Indah Lestari Nasution
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA) Vol. 4 No. 1 (2022): JIMMBA
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (727.767 KB) | DOI: 10.32639/jimmba.v4i1.59

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kinerja  Badan Pusat Statistik Kabupaten Simalungun dengan menggunakan pendekatan Time Value Of Money. Metode  penelitian  yang  digunakan  yaitu  deskriptif  kualitatif. Hasil penelitian pada penelitian ini yaitu berdasarkan perhitungan rasio ekonomi  anggaran  realisasi pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Simalungun pada tahun 2019 sejumlah 98,27% dan pada tahun 2020 92% yang berarti dapat dikatakan bahwa kinerja anggaran ekonomis. Berdasarkan pengukuran efisiensi anggaran realisasi pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Simalungun pada tahun 2019 dan tahun 2020 dapat dikatakan bahwa kinerja anggaran pada program dan kegiatan nya efisien. Pengukuran efektivitas anggaran realisasi pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Simalungun pada tahun 2019 dan tahun 2020 dapat dikatakan bahwa kinerja anggaran pada program dan kegiatan nya efektif, tetapi pada tahun 2020 terdapat satu program yang tidak terlaksana yaitu program peningkatan sarana dan prasarana aparatur Badan Pusat Statistika Kabupaten Simalungun.
Pengaruh Perceived Quality Dan Brand Image Terhadap Repurchase Intention dengan Customer Satisfiaction sebagai Variabel Intervening: Studi pada Pengguna Smartphone Vivo di Kabupaten Kebumen Anis Larasati; Muhammad Baehaqi
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA) Vol. 4 No. 1 (2022): JIMMBA
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1068.852 KB) | DOI: 10.32639/jimmba.v4i1.64

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived quality dan brand image terhadap repurchase intention melalui customer satisfaction sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone Vivo di Kabupaten Kebumen. Sampel penelitian sebanyak 100 orang dengan metode accidentiial sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Analisis data mengunakan analisis jalur dengan progam SPSS 25 dan sobel test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perceived quality dan brand image berpengaruh terhadap customer satisfactions. Selanjutnya perceived quality, brand image dan customer satisfaction berpengaruh dan signifikan terhadap repurchase intention. Serta customer satisfaction dapat memediasi antara variabel perceived quality dan brand image terhadap repurchase intention.
Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Penjualan Produk : Studi Kasus CV.Karunia Abadi Maju Rantau Prapat Kabupaten Labuhanbatu Listiya Andana Lubis; Annio Indah Lestari Nasution
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA) Vol. 4 No. 1 (2022): JIMMBA
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.506 KB) | DOI: 10.32639/jimmba.v4i1.66

Abstract

Periklanan merupakan salah satu sarana untuk membantu tercapainya tujuan perusahaan  dalam menjangkau lebih banyak calon pembeli dan pelanggan dengan biaya yang murah dan  waktu yang  singkat. Keputusan pembelian merupakan kegiatan individu yang terlibat langsung  dalam  keputusan  pembelian  produk yang ditawarkan oleh penjual. Survei ini  bertujuan untuk mengetahui dampak dari periklanan.pendapatan dari keputusan pembelian produk  yang dilakukan di CV.Karunia Abadi Maju.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.Hasil penelitian yaitu penjualan mengalami naik turun,Namun walaupun begitu CV.Karunia Abadi Maju sudah  mencapai target penjualan walaupun setiap bulannya penjualan tidak sama rata atau mengalami peningkatan ,jadi dapat kita lihat bahwa promosi yang dilakukan perusahaan sangat berpengaruh dalam keputusan pembelian produk karena CV.Karunia Abadi Maju sampai saat ini selalu mencapai target.
Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust dan Variety of Selection Terhadap Minat Beli Body Lotion Scarlett Whitening: Studi Kabupaten Kebumen Novita Laraswanti; Harini Abrilia Setyawati
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA) Vol. 4 No. 1 (2022): JIMMBA
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (973.687 KB) | DOI: 10.32639/jimmba.v4i1.67

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity endorser, brand image, brand trust dan variety of selection terhadap minat beli body lotion Scarlett Whitening (Studi Pada Kabupaten Kebumen). Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, dengan menggunakan skala Likert 4. Penelitian ini mengambil 100 responden. Metode yang digunakan adalah purposive sampling. Hipotesis diuji menggunakan teknis analisis regresi dengan bantuan program SPSS 23 for windows. Hasil penelitian menunujukan bahwa celebrity endorser tidak berpengaruh terhadap minat beli body lotion Scarlett Whitening, brand image berpengaruh terhadap minat beli body lotion Scarlett Whitening, brand trust berpengaruh terhadap minat beli body lotion Scarlett Whitening, variety of selection tidak berpengatuh terhadap minat beli body lotion Scarlett Whitening. Celebrity endorser, brand image, brand trust, variety of selection berpengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap minat beli body lotion Scarlett Whitening.
Pengaruh Product Features, Advertising Attractiveness, dan Celebrity terhadap Keputusan Penggunaan Platform Media Sosial Tiktok Dyah Putri Utami; Kabul Trifiyanto
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA) Vol. 4 No. 1 (2022): JIMMBA
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (962.87 KB) | DOI: 10.32639/jimmba.v4i1.68

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh product features, advertising attractiveness dan celebrity terhadap keputusan penggunaan platform media sosial TikTok. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 100 orang responden pengguna platform media sosial TikTok dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik yang meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan bantuan program SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel product features, advertising attractiveness, dan celebrity secara parsial dan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan platform media sosial TikTok. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,584 artinya bahwa variabel keputusan penggunaan (dependent) yang dijelaskan oleh variabel independent product features, advertising attractiveness, dan celebrity dalam penelitian ini adalah sebesar 58,4% sedangkan 41,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Pengaruh Transaction Convenience, Coupon Sales Promotion, dan Perceived Value terhadap Repurchase Intention dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening : Studi pada Pengguna Shopee Pay di Kabupaten Kebumen Melinda Sukma; Sulis Riptiono
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA) Vol. 4 No. 1 (2022): JIMMBA
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1054.409 KB) | DOI: 10.32639/jimmba.v4i1.69

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transaction convenience, coupon sales promotion, dan perceived value terhadap repurchase intention dengan customer satisfaction sebagai variabel intervening pengguna shopee pay di Kabupaten Kebumen. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat di Kabupaten Kebumen yang menggunakan shopee pay untuk bertransaksi. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Berdasarkan metode statistika dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji normalitas), uji parsial, uji koefisien determinasi, analisis jalur, dan analisis sobel test. Alat bantu pengelolaan data menggunakan SPSS for windows versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas dan reliabilitas semua variabel dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil uji t sub struktural I variabel transaction convenience tidak berpengaruh terhadap customer satisfaction, variabel coupon sales promotion dan perceived value berpengaruh terhadap customer satisfaction. Kemudian untuk sub struktural 2 variabel transaction convenience, coupon sales promotion, dan perceived value tidak berpengaruh terhadap repurchase intention, sedangkan customer satisfaction berpengaruh terhadap repurchase intention. Customer satisfaction dapat memediasi antara transaction convenience dan repurchase intention, customer satisfaction dapat memediasi antara coupon sales promotion dan repurchase intention, serta customer satisfaction dapat memediasi antara perceived value dan repurchase intention.

Page 1 of 25 | Total Record : 250