JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 15, No 2 (2022): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 15 Nomor 2 Agustus

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Gusri Yadrika (Universitas Riau)
Yenita Roza (Universitas Riau)
Atma Murni (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2022

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu kemampuan yang esensial dalam pembelajaran matematika. Kemampuan penalaran matematis ditunjukkan dengan adanya aktivitas berpikir secara logis dan sistematis dalam menghubungkan aturan-aturan, sifat-sifat, maupun fakta-fakta yang ada menuju kepada suatu kesimpulan. Mengembangkan perangkat pembelajaran matematika yang berorientasi pada kemampuan penalaran matematis terasa penting untuk dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis model discovery learning berorientasi pada kemampuan penalaran matematis yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) silabus berbasis model discovery learning yang dikembangkan dinyatakan valid dengan persentase sebesar 92,2%, artinya silabus yang dikembangkan layak digunakan untuk melatih kemampuan penalaran matematis siswa; (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis model discovery learning yang dikembangkan dinyatakan valid dengan persentase sebesar 93,4%, ini artinya RPP yang dikembangkan layak digunakan untuk melatih kemampuan penalaran matematis siswa; (3) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model discovery learning yang dikembangkan dinyatakan valid dengan persentase sebesar 92,8%, artinya LKPD yang dikembangkan juga layak digunakan untuk melatih kemampuan penalaran matematis siswa; dan (4) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model discovery learning yang dikembangkan dinyatakan praktis dengan persentase sebesar 92,54%, artinya LKPD yang dikembangkan sangat praktis digunakan untuk melatih kemampuan penalaran matematis siswa..Kata Kunci:  Perangkat Pembelajaran, Discovery Learning, Penalaran Matematis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...