JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 15, No 2 (2022): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 15 Nomor 2 Agustus

PENINGKATAN DISPOSISI BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING METAKOGNITIF SISWA SMP

Yelly Enfiyostuti (SMP Negeri 7 Kota Serang)
Hepsi Nindiasari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Abdul Fatah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2022

Abstract

Disposisi Berpikir Reflektif Matematis (DBRM) adalah kecenderungan siswa untuk berpikir reflektif matematis yang merupakan tuntutan pembelajaran abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peningkatan DBRM menggunakan pendekatan scaffolding metakognitif dengan tiga level Anghileri. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan pretes dan postes. Penelitian dilakukan diĀ  SMPN 7 Kota Serang dengan sampel dua kelas VIII yang dipilih secara acak. Kelas eksperimen berjumlah 40 siswa dengan pembelajaran menggunakan pendekatan scaffolding metakognitif dan kelas kontrol berjumlah 39 siswa dengan pendekatan saintifik. Masing-masing kelas dikelompokkan dalam tiga kelompok Kemampuan Awal Matematis (KAM) tinggi, sedang dan rendah. Data DBRM berupa data kualitatif yang dikuantitatifkan dari instrumen skala sikap. Pengujian yang dilakukan adalah uji beda rata-rata secara keseluruhan dan ditinjau dari KAM, uji interaksi antara perlakuan dan KAM terhadap DBRM. Hasil pengujian menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan rata-rata DBRM antara kelas eksperimen dan kontrol secara keseluruhan dan berdasarkan kelompok KAM tinggi, sedang, rendah. Terdapat interaksi antara pendekatan dan KAM dengan DBRM.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...