Guru merupakan salah satu faktor terpenting pada organisasi pendidikan dalam rangka mencapai tujuan suatu organisasi kependidikan. Kinerja yang memuaskan tersebut tidak akan terjadi begitu saja dalam suatu organisasi. Evaluasi kinerja seorang guru perlu dilakukan untuk melihat perkembangan kinerja seorang guru, evaluasi tidak serta merta dilakukan hanya dalam waktu tertentu saja, tetapi harus dilakukan terus menerus setiap bulan. Dalam penelitian ini, tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana penilaian kinerja melalui supervisi dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan mutu dan sumber daya manusia seorang guru. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, subjeknya adalah kepala sekolah, guru, dan kegiatan guru lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian yang dilakukan kepala sekolah terhadap kinerja guru dimulai dari perencanaan yang dilakukan kepala sekolah dengan menentukan jadwal supervisi guru, pengorganisasian pelaksanaan yang dilakukan kepala sekolah selama proses belajar mengajar. Pelaksanaan kegiatan penilaian kinerja guru dilakukan setiap bulan melalui kegiatan kelas, supervisi dilakukan kepala sekolah secara langsung saat kegiatan berlangsung, faktor penghambat yang ditemukan masih banyak guru yang masih kurang dalam mengoperasikan IT dalam pembelajaran, faktor pendukung sekolah memiliki sarana dan prasarana yang memadai.
Copyrights © 2022