Pesantren has several functions, among others, as a character education institution. Among the many characters that must be instilled in students, creative characters, tolerance, and responsibility are the three main character pillars. Creative characters need to be instilled in students so that students are not out of date. With a creative character, students will always seek and find new things in their lives. Tolerance is important for students because they will face diversity both inside and outside the pesantren. Responsibility is very important, because responsibility is a basic character that must be instilled early on in students. From these problems, motivation emerged to study efforts to build creative character, tolerance, and responsibility in students. This study uses a descriptive method with a qualitative approach. The results of this study indicate that efforts to build the students who have creativity, tolerance, and responsibility in general can be done by creating an environment that is creative, tolerant, and responsible. In particular, it can be done using a normative approach, a model approach, a reward and punishment approach, a value planting approach, a substantive learning approach, and a reflective learning approach. ABSTRAKPesantren memiliki beberapa fungsi antara lain sebagai lembaga pendidikan karakter. Di antara banyak karakter yang harus ditanamkan pada peserta didik, karakter kreatif, toleransi, dan tanggung jawab merupakan tiga pilar karakter yang utama. Karakter kreatif perlu ditanamkan kepada santri agar santri tidak tidak ketinggalan zaman. Dengan karakter kreatif, santri akan senantiasa mencari dan menemukan hal-hal yang baru dalam kehidupannya. Karakter toleransi penting dimiliki santri karena ia akan menghadapi keragaman baik di dalam maupun di luar pesantren. Adapun karakter tanggung jawab penting, karena tanggung jawab adalah karakter dasar yang harus ditanamkan sejak dini pada peserta didik, termasuk santri. Dari permasalahan tersebut, muncul motivasi untuk mengkaji tentang upaya membangun karakter kreatif, toleransi, dan tanggung jawab pada santri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya membangun karakter santri yang kreatif, toleran, dan bertanggung jawab secara umum dapat dilakukan dengan menciptakan lingkungan yang kreatif, penuh toleransi, dan tanggung jawab. Adapun secara khusus dapat dilakukan dengan pendekatan normatif, pendekatan model, pendekatan ganjaran dan hukuman, pendekatan penanaman nilai, pendekatan pembelajaran substantif, dan pendekatan  pembelajaran reflektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022