Abstrak: Penelitian ini menguraikan tentang penerapan metode montessori melalui media zoom dan media sosial dalam proses pembelajaran. Penelitian dalam prosesnya menggunakan penelitian tindakan dengan memperhatikan pada pemahaman dan keterampilan peserta didik di TK Al-Mukmin Balikpapan. penggalian data dengan observasi dan wawancara melalui media sosial. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta didik pada siklus I sebesar 72,5% dengan kategori baik dan pada siklus II sebesar 92,5% dengankategori sangat baik. Dari data ini penerapan metode montessori dalam pembelajaran di TK Al-Mukmin Balikpapan mengalami peningkatan sebesar 20%. Dengan demikian penerapan metode montessori dalam pembelajaran pengenalan matematika pada anak usia dini di TK Al-Mukmin dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta didik. Kata Kunci: Implementasi, Strategi dan Pandemi
Copyrights © 2020