PTK: Jurnal Tindakan Kelas
Vol. 3 No. 1 (2022): November 2022

Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka

Evilia Rindayati (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Cindi Arjihan Desita Putri (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Rian Damariswara (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2022

Abstract

Tugas utama pendidik adalah selain mendidik, mengajar dan membimbing juga harus dapat mengembangkan perangkat pembelajaran. Seiring perkembangan zaman, perubahan kurikulum terjadi, kurikulum merdeka adalah kurikulum terbaru yang diterapkan 2022. Ternyata terdapat perbedaan dalam penyusunan perangkat pembelajaran dari k-13 menuju kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan kesulitan calon pendidik dalam pengembangan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Objek yang diteliti adalah pengembangan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka sedangkan subjeknya mahasiswa PGSD. Hasil penelitian berisi permasalahan yang dialami calon pendidik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran diantaranya: belum bisa membaca CP dengan baik, belum bisa menyusun TP (tujuan pembelajaran dari CP (capaian pembelajaran) yang ada, belum bisa menyusun ATP (alur tujuan pembelajaran) dari TP, kesulitan mengembangkan modul ajar, dan kurikulum merdeka memungkinkan berbentuk tematik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PTK merupakan jurnal berbasis Penelitian yang berfokus pada bidang keilmuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Model Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Praktek Mengajar Pembelajaran .Jurnal PTK dikelola oleh Penerbit Cipta Media ...