JURNAL ILMIAH INNOVATIVE (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian)
Vol 9 No 1 (2022): JURNAL ILMIAH INNOVATIVE (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian)

Penerapan Model Blended Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah

Suhartono (Unknown)
Anik Indramawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pembelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah dengan model blended learning. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di kelas atas MI Darussalam Sambiroto Baron Nganjuk. Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia dengan model blended learning, guru kelas menyiapkan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar, materi pembelajaran, media pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrumen penilaian pembelajaran, (2) pembelajaran bahasa Indonesia dengan model blended learning, guru kelas menerapkan perpaduan antara pembelajaran tatap muka (face to face) dan pembelajaran daring (online) dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Sedangkan, tahapan kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan awal (pendahuluan), kegiatan inti, dan kegiatan akhir (penutup), dan (3) penilaian pembelajaran bahasa dengan model blended learning, guru kelas menerapkan penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan, sehingga perlu dikembangkan penilaian otentik yaitu penilaian proses dan hasil belajar pada penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

innovative

Publisher

Subject

Education

Description

INNOVATIVE: (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian) (print ISSN: 2355-4053 , online ISSN :2774-3640) Jurnal ini merupakan jurnal ilmiah yang berisikan makalah yang diambil dari kajian analisis kritis di bidang pendidikan Islam. Di dalamnya juga terdapat karya asli dari dosen, peneliti, mahasiswa, dan ...