Beauty and Beauty Health Education
Vol 8 No 1 (2019)

ANALISIS POTENSI GURU SMK TATA KECANTIKAN DALAM MELAKUKAN PENELITIAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL




Article Info

Publish Date
09 Sep 2022

Abstract

Cara yang dapat ditempuh guru agar dapat mengembangkan diri secara profesional antara lain dengan melakukanpenelitian. Namun fakta di lapangan menunjukkan hanya sedikit guru yang melakukan penelitian. Padahal guru dituntutuntuk meningkatkan kompetensi profesionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi guru SMK TataKecantikan dalam melakukan penelitian sebagai upaya meningkatkan kompetensi profesional. Metode penelitian adalahpenelitian kuantitatif non eksperimental. Teknik pengambilan data menggunakan survei, angket, dokumentasi. Sampelpenelitian ini adalah seluruh guru SMK Negeri 3 Magelang jurusan Tata Kecantikan yang berjumlah 10 orang. Teknikanalisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penilaian padavariabel potensi profesional guru mendapatkan nilai 74,44% dan dikategorikan berpotensi. Variabel keterampilanmelakukan penelitian mendapatkan nilai 73,33% dan dikategorikan berpotensi. Variabel peningkatan profesional mendapatnilai 74,56% dan dikategorikan berpotensi. Simpulan dari penelitian ini yaitu guru SMK Negeri 3 Magelang jurusan TataKecantikan berpotensi untuk melakukan penelitian sebagai upaya meningkatkan kompetensi profesional.

Copyrights © 2019