Belajar mandiri yang efektif bagi setiap mahasiswa tidaklah sama, kemampuan menyerap materi dandaya ingat mahasiswa salah satunya dipengaruhi oleh gaya belajar. Terdapat mahasiswa yang lebih mudahmemahami materi melalui gaya belajar visual, auditori maupun keduanya yaitu audio visual, Zarel, dkk (2019:2). Sehingga mahasiswa membutuhkan sumber belajar yang dapat mendukung mahasiswa belajar mandiri. Salahsatu upaya untuk mendukung kegiatan belajar yaitu dengan menerapkan media video pada mata kuliah sanggultradisional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan efektifitas penggunaan media videoedukatif sanggul tradisional dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakanadalah penelitian dan pengembangan (R&D). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi,kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase, validitas, dan N-Gain.Media video edukatif sanggul tradisional dinyatakan sangat layak oleh ahli. Tanggapan peserta didik diperolehrata-rata persentase 87,5% dengan kriteria sangat layak. Hasil N-Gain tes kognitif diperoleh rata-rata 0,71 dengankriteria tinggi. Sedangkan hasil N-Gain tes psikomotorik diperoleh rata-rata 0,59 dengan kriteria sedang
Copyrights © 2019