Beauty and Beauty Health Education
Vol 11 No 1 (2022)

Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan Moodle Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Tata Rias Wajah Panggung Di SMK N 3 Magelang




Article Info

Publish Date
25 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran daring menggunakan Moodle terhadap hasil belajar pada mata pelajaran tata rias wajah panggung di SMK N 3 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperiment one-group pretest-posttest design, yaitu penelitian yang hanya menggunakan satu kelompok kelas. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan (1) Nilai rata-rata N-Gain score untuk pembelajaran tata rias wajah panggung menggunakan Moodle adalah sebesar 60,8% termasuk dalam kategori cukup efektif. (2) Didapatkan nilai korelasi (R) yaitu sebesar 0,649. Dari output tersebut diperoleh koefisisen determinasi sebesar 0,421 yang berarti bahwa pengaruh variabel X (Moodle) terhadap variabel Y (hasil belajar) adalah sebesar 42,1%. (3) Koefisien regresi X sebesar 0,340 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai Moodle, maka nilai hasil belajar bertambah sebesar 0,340. koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa arah pengaruh variabel X terhdap variabel Y positif.

Copyrights © 2022