Di Indonesia, bentuk komodifikasi juga kentara terutama jika dilihat dari banyaknya acara yang disebut infotainment di Indonesia. Di satu sisi, pembangunan pasar infotainment pemirsa juga didasarkan pada proses dialektika. Realitas objektif awal dari kemunculan infotainment adalah tuntutan dari peraturan pemerintah akan adanya suatu program dalam negeri/lokal untuk mengimbangi kesan impor pada industri televisi Indonesia. Di sisi lain, program infotainment juga muncul sebagai tuntutan pemilik modal untuk mendapat untung. Masalahnya, terkadang bahkan pelaksanaan dan penayangan acara infotainment tersebut juga meleset dari tema yang seharusnya ia usung. Sebagai contoh, dalam tulisan ini diangkat bagaimana Ini Talkshow yang ditayangkan di NET, beralih dari suatu program yang seharusnya mengangkat persoalan yang terjadi di masyarakat dengan penyampaian yang ringan, menjadi suatu acara yang melakukan komodifikasi terhadap pembawa acara utamanya, yaitu Sule dan Andre Taulany. Metodologi penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini, berdasarkan pengamatan, wawancara atau penelaahan dokumen. Dalam tulisan ini akan dilakukan analisis yang lebih mendalam mengenai proses komodifikasi tersebut, terutama ditinjau dari konsep komodifikasi dari Vincent Mosco.
Copyrights © 2020