DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 5, No 2 (2022): VOLUME 5, NUMBER 2, 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila di Kelas VI Sekolah Dasar

Wawan Shokib Rondli (Universitas Muria Kudus)
Muhammad Mutofifin (SD Negeri 2 Blerong)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas VI SD di Gugus Sunan Kalijaga Guntur Demak. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di Gugus Sunan Kalijaga Kecamatan Guntur Kabupaten Demak diambil sampel 2 SD secara random sampling. Sampel terdiri dari SDN Sidokumpul yang terdiri dari 18 siswa (kelas kontrol) dan SDN Blerong 2 terdiri dari 24 siswa (kelas eksperimen). Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model Think Pair Share terhadap pemahaman nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas VI SD di Gugus Sunan Kalijaga Guntur Demak. Hal ini terbukti dari hasil Uji t dengan nilai Sig. (Two-Sided p) sebesar 0,000, maka 0,000 0,05. Jadi Ha diterima, dan Ho ditolak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar is an international, open access, multidisciplinary, double-blind peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. DIDAKTIKA distributes articles that relate to both meta-analysis (include systematical review) and research and their ...