Mozaik: Kajian Ilmu Sejarah
Vol 13, No 2 (2022)

PERKEMBANGAN SEKOLAH GURU B (SGB) I DI PURWOREJO TAHUN 1950-1961

Fitri Cahyani (Program Studi Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta)
Danar Widiyanta (Program Studi Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta)
Ririn Darini (Program Studi Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2022

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui didirikannya SGB di Purworejo, penyelenggaraan SGB di Purworejo, dan dampak didirikannya SGB di Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode sejarah kritis yang terdiri empat langkah yaitu heuristik, kegiatan pencarian dan pengumpulan sumber yang berhubungan dengan topik dalam penelitian ini yaitu Daftar Buku Induk SGB dan Surat Keputusan Penghapusan SGB. Kritik atau verifikasi, merupakan kegiatan penentu keautentikan dan kredibilitas sumber-sumber yang telah terkumpulkan. Aufassung atau interpretasi, kegiatan menafsirkan sumber yang sudah valid kebenarannya untuk memperoleh suatu peristiwa sejarah. Darstellung atau historiografi, kegiatan menyatukan seluruh hasil penelitiannya dalam suatu penulisan yang utuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanakan Kewajiban Belajar mengalami kesulitan biaya, gedung dan tenaga pengajar. Purworejo didirikan SGB untuk mengatasi kurangnya guru untuk Sekolah Rakyat. Tahun 1950-1961 di Purworejo terdapat tiga SGB yaitu SGB I Purworejo SGB II Purworejo dan SGB Kutoarjo. SGB di Purworejo juga memberikan dampak lahirnya golongan priyayi dan lulusan SGB mampu untuk mensejahterakan kehidupannya. Adanya SGB  memunculkan kesempatan ekonomi baru bagi masyarakat setempat. Kemudian SGB telah memenuhi kebutuhan guru untuk SR sehingga terjadi kelebihan jumlah guru.Kata Kunci: SGB, Purworejo, Kewajiban Belajar, Kesejahteraan hidup.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mozaik

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

MOZAIK is an academic journal centered in the study of history. MOZAIK is welcoming contributions from young and more experienced scholars from different disciplines and approaches that focus on historical changes. MOZAIK is an academic journal to discuss various crucial issues in Indonesian ...