Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 8 No. 3 (2022): Pendidikan dan Studi Islam

UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FIQIH MELALUI METODE DSKUSI DI MI NURUL ULUM PROBOLINGGO

Farida (STAI Muhammadiyah Probolinggo)
Lailatul Izzah (Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo)
Ulil Hidayah (Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penerpan metode diskusi mata pelajaran fiqih di MI Nurul Ulum Probolinggo. Misi pendidikan adalah menciptakan suasana belajar agar siswa selalu belajar dengan baikdan antusias. Suasana belajar yang demikain akan menciptakan kepositifan dalam belajar dengan mencapai hasil belajar yang maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan observasi menggunakan lembaran observer. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat apabila menerapkan model pembelajaran diskusi dari siklus I kesiklus II yang dilihat dari hasil belajar siswa, pada siklus I hasil belajar siswa memperoleh rata-rata persentase 70%  yang merupakan nilai yang belum selesai, tetapi pada sikllus II, kinerja belajar siswa meningkat dengan tingkat kemenangan  rata-rata 80% dengan nilai penuh. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis diskusi dapat meningkatkan hasil belajar fiqih siswa kelas 1 MI Nurul Ulum.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...