Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 8 No. 4 (2022): Pendidikan dan Studi Islam

Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Mutu Pendidikan di SDN Situ Ilir I Cibungbulang Bogor

Fuad Ahmad Riva’i (Institut Ummul Qurro Al-Islami (IUQI) Bogor)
Syamsul Rizal Mz (Institut Ummul Qurro Al-Islami (IUQI) Bogor)
Dewi Septiani (Institut Ummul Qurro Al-Islami (IUQI) Bogor)
Nurodin (Institut Ummul Qurro Al-Islami (IUQI) Bogor)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Sistem penjaminan mutu internal merupakan suatu sistem yang meliputi sesuatu proses simultan yang terdiri atas komponen sistem: input, proses serta output ataupun sistem yang diawali dari tujuan pendidikan hingga hasil belajar. Selaku upaya tingkatkan mutu pendidikan pemerintah melalui departemen pendidikan dan kebudayaan menghasilkan kebijakan terkait penjaminan mutu pendidikan Permendikbud Nomor 28 tahun 2016. Upaya penjaminan mutu penidikan yang dicoba pemerintah diimplementasikan ke dalam Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP). Mutu ialah sesuatu proses penetapan serta pemenuhan standar pengelolaan secara tidak berubah- ubah serta berkepanjangan, sehingga konsumen, produsen, serta pihak lain yang berkepentingan mendapatkan kepuasan. Penelitian dilaksanakan di SDN Situ Ilir I, Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif deskritif. Sumber data penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data diperoleh dari hasil penyebaran angket (kuesioner), dokumentasi dan studi literatur (kepustakaan). Data yang terkumpul dianalisis dengan beberapa uji yaitu : Uji Validitas, reliabilitas, Normalitas, linearitas, korelasi, heterokadestisitas, dan uji regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa terdapat Pengaruh Sistem Penjaminan Mutu Internal terhadap Mutu Pendidikan di SDN Situ Ilir 1 Cibungbulang Bogor, berdasarkan hasil uji Regresi maka dapat diambil keputusan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variable SPMI (X) berpengaruh terhadap variable Mutu pendidikan (Y) dan Berdasarkan nilai T dapat diketahui bahwa thitung sebesar  6,365 > ttabel 2,160 sehingga dapat disimpulkan bahwa variable SPMI (X) berpengaruh positif terhadap variable Mutu Pendidikan (Y) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...