Diglosia
Vol 6, No 2 (2022): Agustus

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS AUDIO VISUAL DAN KOMIK STRIP DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS RESENSI SISWA KELAS XI SMA

Hilima Luthfia (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Hera Wahdah Humaira (Unknown)
Fauziah Suparman (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2022

Abstract

Guru perlu menciptakan pembelajaran yang menarik di kelas, demi terciptanya aktivitas belajar yang menyenangkan. Salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis audio visual dan komik strip dengan metode guided discovery learning dalam pembelajaran menulis resensi siswa kelas XI SMA. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis, design, development, implementation, dan evaluation. LKS diujicobakan kepada 32 siswa di SMA. LKS yang dihasilkan terbukti sangat valid dengan rata-rata nilai 90% dan kepraktisan LKS berdasarkan respon siswa dan guru terbukti 88,42% berkategori sangat praktis. Selain itu, LKS terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, berdasarkan hasil analisis N-Gain terhadap nilai pretest dan posttest siswa menghasilkan bahwa LKS terbukti efektif dengan memperoleh nilai N-Gain 0,715. Kata Kunci: R&D, Lembar Kerja Siswa, Guided Discovery Learning, Audio Visual, Komik Strip. Teachers need to create interesting learning in the classroom, for creating fun learning activities. One of them is by using learning media that is adapted to the characteristics of students. This study aims to develop Student Worksheets based on audio-visual and comic strips with guided discovery learning methods in learning to write reviews for class XI high school students. The type of research used is research and development (R&D), using the ADDIE development model, namely Analysis, design, development, implementation, and evaluation. The Student Worksheets was tested on 32 students in high school. The resulting of Student Worksheets proved to be very valid with an average value of 90% and the practicality of the Student Worksheets based on student and teacher responses proved to be 88.42% categorized as very practical. In addition, the Student Worksheets proved to be effective in improving student learning outcomes, based on the results of the N-Gain analysis of the students' pretest and posttest scores, which showed that the Student Worksheets proved effective by obtaining an N-Gain score of 0.715 Keywords: R&D, student worksheet, guided discovery learning, audio visual, comic strip

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dl

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia tergabung dalam Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP). Jurnal ini memuat artikel ilmiah penelitian dan gagasan konseptual atau kajian teoretis dalam bidang pendidikan, kebahasaan, ...