Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu
Vol 5 No 1 (2022)

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MENUNJANG INDUSTRI 4.0 SISWA KELAS XI TBSM 2 SMK NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Putu Gede Sulendra (STKIP Agama Hindu Singaraja)
I Wayan Suwendra (STKIP Agama Hindu Singaraja)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan aktivitas belajar pendidikan agama hindu dan budi pekerti siswa kelas XI TBSM 2 SMK Negeri 3 Singaraja melalui model pembelajaran Blended Learning dalam menunjang industri 4.0 tahun pelajaran 2020/2021, 2) untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama hindu dan budi pekerti siswa kelas XI TBSM 2 SMK Negeri 3 Singaraja melalui model pembelajaran Blended Learning dalam menunjang industri 4.0 tahun pelajaran 2020/2021. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TBSM 2 SMK Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2020/2021. Data tentang aktivitas belajar siswa dikumpulkan melalui tes. Analisis data dan dianalisis secara deskritif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.) Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning dalam menunjang industri 4.0 dapat meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Agama Hindu siswa dan Budi pekerti kelas XI TBSM 2 SMK Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini terbukti pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa hanya 37% dan pada siklus II meningkat menjadi 84% pada ketegori tinggi. Jadi aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 47%. 2) Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning dalam menunjang industri 4.0 dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas XI TBSM 2 SMK Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini terbukti pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas (M) sebesar 73,88, daya serap klasikal (DS) 73,88% dan ketuntasan belajar klasikal (KB) 55.55%. Hasil ini meningkat pada siklus II, yaitu nilai rata-rata kelas (M) menjadi 84, daya serap klasikal (DS) 84%, dan ketuntasan belajar klasikal (KB) 100%. Jadi hasil prestasi belajar siswa sudah mengalami peningkatan sebagai berikut. Rata-rata kelas (M) meningkat sebesar 10,12, daya serap siswa (DS).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wspah

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

Fokus dari Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu adalah penelitian dalam lingkup 1. Pendidikan Agama Hindu 2. Pendidikan Kebudayaan berbasis Agama Hindu 3. Pendidikan Agama Hindu berbasis ...