Techno.Com: Jurnal Teknologi Informasi
Vol 21, No 4 (2022): November 2022

Extreme Programming Method Dalam Pengembangan Aplikasi Gamified Learning

Fata Nidaul Khasanah (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Iin Iin (STMIK IKMI Cirebon)
David Nurmanto (IT Engineering, Garuda Baja Konstruksi Bekasi)
Tyathanesia Dianfiri As-Sanaj (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Tio Prasetiya (STMIK IKMI Cirebon)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Bermula dari suatu kejadian luar biasa yang menyebar seluruh belahan dunia yakni Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah memberikan dampak luar biasa di berbagai aspek kehidupan tak terkecuali bidang pendidikan. Inovasi dalam dunia pendidikan banyak bermunculan khususnya hal yang terkait dengan media pembelajaran. Gamification merupakan sebuah pendekatan yang masih baru dan baik untuk diterapkan dalam sebuah proses pembelajaran. Penggunaan gamification dapat memberikan efek positif dan dapat meningkatkan pemahaman serta motivasi dalam kegiatan pembelajaran. Dengan gamified sistem dapat meningkatkan aktifitas perkuliahan daring dengan luaran sistem yang tercatat secara otomatis. Game mekanik yang cocok untuk digunakan pada Learning Management System (LMS) diantaranya leaderboard, ranking, point, dan quests. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Extreme Programming (XP) yang merupakan bagian dari Agile Software Development Cycle (siklus Agile). Fase tahapan yang dilakukan perencanaan, perancangan UI/UX, pengkodean dan terakhir pengujian. Dari hasil pengujian usability dengan teknik beta memperoleh prosentase rata-rata 86% dan masuk dalam kriteria baik pada aspek penilaian usefulness, ease of use, ease of learning dan satisfaction.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

technoc

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Topik dari jurnal Techno.Com adalah sebagai berikut (namun tidak terbatas pada topik berikut) : Digital Signal Processing, Human Computer Interaction, IT Governance, Networking Technology, Optical Communication Technology, New Media Technology, Information Search Engine, Multimedia, Computer Vision, ...