Pemanfaatan pelayanan kesehatan adalah pelayanan yang diperoleh dari penyedia atau tempat pelayanan kesehatan. Secara umum pelayanan kesehatan mengacu pada segala upaya dan kegiatan pencegahan dan pengobatan penyakit. Dari data klinik kesehatan Asy-Syifa bahwasanya pegawai kantor DPRA yang melakukan pemeriksaan kesehatan diklinik Asy-Syifa selama 7 bulan terakhir hanya 13 pasien di karenakan pegawai pemerintahan dikantor DPR Aceh dengan fasilitas, pelayanan petugas kesehatan yang kurang ramah dan membuat pasien enggan berobat di klinik kesehatan Asy-Syifa. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi pada penelitian.ini adalah seluruh pegawai pemerintahan di kantor DPR Aceh yang berjumlah 139 orang dan sampel penelitian ini berjumlah 103 responden dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Pengumpulan data telah dilakukan pada tanggal 27 Desember 2021 sampai dengan 05 Januari 2022 dengan metode wawancara menggunakan kuesioner, dan analisis dengan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 68.9% responden tidak memanfaatkan klinik kesehatan Asy-Syifa, 59.2% fasilitas kurang memadai, 31.1% pelayanan petugas kesehatan kurang baik, 91.3% kepuasan pasien . Hasil uji statistik dapat disimpulkan ada hubungan antara fasilitas (p-value = 0.008), pelayanan petugas kesehatan (p-value = 0.002), kepuasan pasien (p-value = 0.008) dengan pemanfaatan klinik kesehatan Asy-Syifa oleh pegawai pemerintahan dikantor DPR Aceh. Kepada pihak klinik kesehatan agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas yang dibutuhkan untuk melakukan pelayanan kesehatan kepada semua pasien yang memanfaatkan klinik kesehatan Asy-Syifa di kantor DPR Aceh tahun 2021
Copyrights © 2022