Rumah Sakit merupakan instansi kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan jasa kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dalam menjalankan fungsi sebagai pelayanan kesehatan masyarakat, pelayanan utama Rumah Sakit adalah menyediakan pelayanan kesehatan berupa rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui dan mengeksplorasi work engagement tenaga kesehatan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sruweng. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study) pada tenaga kesehatan, penelusuran untuk mendalami dan memahami suatu permasalahan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua temuan dalam penelitian ini. Temuan pertama berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi belum optimalnya keterikatan kerja tenaga kesehatan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sruweng. Evaluasi internal menunjukkan kontrol evaluasi terhadap SOP sudah baik, tetapi memerlukan keterpaduan pada prosesnya. Sedangkan evaluasi eksternal pasien yang memiliki komplain saat ini menunjukkan sudah cukup merasa puas dengan pelayanan dan tindaklanjut komplain yang mereka sampaikan, akan tetapi ada beberapa fasilitas pelayanan yang mereka anggap masih kurang.
Copyrights © 2022