Human Narratives
Vol 2, No 2 (2021): Human Narratives

Representasi Takwa dalam Banner Dakwah Ramadhan

Ahmad Faiz Muntazori (Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta)
Bambang Sunarto (Institut Seni Indonesia Surakarta)
Tommy Christomy (Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Berdakwah melalui media visual adalah metode baru dalam berdakwah yang berkembang saat ini. Penelitian ini mengkaji media dakwah visual yang dibuat oleh Muslim Designer Community (MDC), yaitu Banner Dakwah Ramadhan (BANDARA) yang dibuat khusus untuk konten Ramadan. Fokus bahasan pada artikel ini adalah BANDARA 1441. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Analisis data diawali dengan melakukan identifikasi setiap elemen desain, kemudian membangun konstuksi pemaknaannya dengan menggunakan relasi antar-elemen desain yang menjadi pembentuk makna utama pada gambar. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara semiosis proposisi yang dibentuk oleh tanda visual mengacu pada objeknya secara indeksikal, mengikuti pola induksi proposisi -> indeksikal -> legisign

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

hnr

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Human Narratives focused to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding research reports, conceptual ideas, studies, theories, using qualitative approach in the field of Linguistics, Philosophy, Sociology, Anthropology, Religion Studies, History, and other ...