Latar Belakang: Klinik harus mampu terus berinovasi untuk dapat meningkatkan minat kunjungan pasien sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat agar klinik bisa terus ikut berkontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat jalan di Klinik Syamsinar Maros. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional dengan rancangan cross sectional study. Populasi penelitian ini sebanyak 5.350 pasien dengan jumlah sampel 121 pasien yang dipilih dengan cara propotionated stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul di analisis dengan menggunakan uji chisquare dan uji regresi logistic biner. Hasil: Hasil analisis korelasi spearman menunjukan bahwa ada hubungan antara variabel bauran pemasaran terhadap minat kunjungan ulang. Hasil regresi logistic biner, dimana variabel independent (predictor) adalah variabel bauran pemasaran: Produk (x1), Place (x2), Promotion (x3), People (x4), Physical Evidance (x5), Power (x6), Public Relation (x7), Proses (x8), dan Price (x9) dengan variabel dependent (respon): minat kunjungan ulang (Y), dimana Variabel responnya terdiri dari dua kategori Y=1 menyatakan hasil yang diperoleh “berminat” dan Y=0 menyatakan hasil yang diperoleh “tidak berminat”. Dari hasil regresi logistic biner diketahui bahwa Power (x6) memiliki pengaruh paling besar terhadap minat kunjungan ulang di Klinik Syamsinar Maros. Kesimpulan: Variabel power (kekuatan Klinik agar dapat bekerjasama dengan instansi lainnya) adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat jalan di Klinik Syamsinar Maros
Copyrights © 2023