Kreativitas dan keyakinan diri menjadi faktor kunci dalam inovasi sains dan teknologi di zaman industri 4.0, tetapi kedua kompetensi tersebut kurang terlatih dengan baik. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah keefektifan Project-Based Learning terintegrasi STEM (STEM-PjBL) dalam meningkatkan tingkat kreativitas dan keyakinan diri peserta didik. Penelitian ini adalah bagian dari formative evaluation Tessmer. Uji implementasi menggunakan one group pre-test post-test design pada 2 kelompok, yaitu 40 peserta didik dari dua SMP Negeri di kota Banjarmasin, Indonesia. Pengumpulan data menggunakan tes kreativitas, angket keyakinan diri, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian memperlihatkan: (1) nilai n-gain kreativitas pada kelompok 1 dan 2 masing-masing 0,69 dan 0,74; berarti peningkatan kreativitas peserta didik dalam kategori sedang dan tinggi; dan (2) keyakinan diri peserta didik pada kedua kelompok dalam kategori sangat tinggi. Dengan demikian, STEM-PjBL termasuk efektif untuk meningkatkan kreativitas dan keyakinan diri peserta didik dalam pembelajaran IPA pada materi usaha dan energi.Creativity and confidence are key factors in science and technology innovation in the industrial age 4.0, but both competencies are not well-trained. Therefore, the purpose of this study is to examine the effectiveness of STEM-integrated Project-Based Learning (STEM-PjBL) in increasing the level of creativity and confidence of students. This research is part of Tessmer's formative evaluation. The implementation test used a one-group pre-test post-test design on two groups, namely 40 learners from two public junior high schools in Banjarmasin, Indonesia. Data were collected using creativity tests, self-efficacy questionnaires, and in-depth interviews. The results showed: (1) the n-gain values of creativity in groups 1 and 2 were 0.69 and 0.74, respectively; meaning that the increase in learner creativity was in the medium and high categories; and (2) the confidence of learners in both groups was in the very high category. Thus, STEM-PjBL effectively increases students' creativity and confidence in learning science on the material of effort and energy.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022