Jurnal IPA Terpadu
Vol 6, No 3 (2022)

PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Luh Suranti (Prodi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Makassar)
Hasri Hasri (Prodi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Anwar (Prodi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Makassar)
Ramdani Ramdani (Prodi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2022

Abstract

Metode tutor sebaya merupakan salah satu metode alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik, seperti sulit memahami materi, malu bertanya dan atau meminta bantuan, pada gilirannya berdampak pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode tutor sebaya menggunakan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 9 Makassar. Penelitian dilakukan secara daring menggunakan desain posttest only control group design, dan teknik simple random sampling. Sampel kelas XI MIA 5 (kelompok eksperimen) sebanyak 33 orang dan kelas XI MIA 3 (kelas kontrol) sebanyak 35 orang. Variabel bebasnya dengan dan atau tanpa metode tutor sebaya pada model inkuiri terbimbing, variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik. Data hasil analisis menunjukkan nilai rata- rata hasil belajar peserta didik kelompok ekperimen sebesar 76,71 dan kelompok kontrol sebesar 68,44. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney (uji non-parametrik) diperoleh Zhitung = 1,94 dengan taraf signifikan   = 0,05 dan diperoleh Ztabel = 1,64. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode tutor sebaya pada model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 9 Makassar pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan

Copyrights © 2022