Jurnal IPA Terpadu
Vol 6, No 2 (2022)

PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MAKASSAR (Studi pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Manusia)

Nurwana Hikma (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)
Ramlawati Ramlawati (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Aqil Rusli (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 1 Makassar yang dibelajarkan dengan menggunakan media animasi; (2) peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 1 Makassar yang dibelajarkan dengan menggunakan media konvensional; (3) pengaruh media animasi terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 1 Makassar pada materi pokok sistem pencernaan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi-Experiment) dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 Makassar dengan kelas VIII.5 dan kelas VIII.6 sebagai sampel. Instrumen penelitian hasil belajar berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 25 item soal yang telah divalidasi ahli. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian pretest dan posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. HasilĀ  penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Makassar yang dibelajarkan dengan menggunakan media animasi sebesar 0,67%, sedangkan peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Makassar yang dibelajarkan dengan mengggunakan media konvensional sebesar 0,33%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media animasi tterhadapp hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Makassar.

Copyrights © 2022