Jurnal IPA Terpadu
Vol 6, No 2 (2022)

PENERAPAN VIRTUAL LAB PhET BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI POKOK GETARAN DAN GELOMBANG

Tazia Dharma Wata (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)
Sitti Rahma Yunus (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)
Ramlawati Ramlawati (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kategori peningkatan keterampilan proses sains peserta didik setelah penerapan virtual lab PhET berbasis android (2) apakah penerapan media virtual lab PhET berbasis android dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan tiga kelas yaitu VIII 1, VIII 3 dan VIII 5 yang terdiri dari 46 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Pra-eksperimen dengan menggunakan One Group Pretest-Postest Design. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 27 Makassar. Pengambilan sampel melalui Teknik Purposive Sampling dan diperoleh 46 peserta didik dari 3 kelas yaitu VIII 1, VIII 3 dan VIII 5. Instrumen penelitian keterampilan proses sains berupa tes pilihan ganda berjumlah 30 item soal yang diberikan saat pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata skor N-Gain 0,69 berada pada kategori sedang. Hasil analisis inferensial diperoleh uji-t (uji hipotesis) ????ℎ???????????????????? = 3,643 > ???????????????????????? = 2,01410. menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media virtual lab PhET berbasis android dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 27 Makassar pada materi pokok getaran dan gelombang.

Copyrights © 2022