Jurnal IPA Terpadu
Vol 6, No 2 (2022)

PENERAPAN LKPD BERBASIS KPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Fitri Bestari (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)
Ramlawati Ramlawati (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)
Sitti Rahma Yunus (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik dan untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan pada keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan LKPD berbasis KPS pada materi struktur dan fungsi tumbuhan di SMPN 3 Makassar. Penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan proses sains dan hasil belajar. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data diperoleh rata-rata peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan LKPD berbasis KPS adalah 0,106 dan 0,215 berada pada kategori rendah serta terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan LKPD berbasis KPS.

Copyrights © 2022